Semakin hari proses mencari pekerjaan dirasa menjadi semakin sulit. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Perkembangan zaman membuat proses mencari pekerjaan menjadi semakin ketat. Dimulai dari proses pemberkasan yang cukup banyak hingga terkadang dirasa memberatkan, tahapan tes yang dinilai terlalu banyak, hingga pada banyaknya jumlah saingan dalam proses seleksi mencari pekerjaan.

Berbeda dengan dulu, proses mencari pekerjaan tidak sesulit saat ini. Syarat pemberkasannya pun terbilang mudah, tahapan tes yang tidak terbilang banyak, serta jumlah saingan yang tidak sebanyak jumlah saingan kerja saat ini. Hal ini menyebabkan Indonesia sebagai negara berkembang yang memiliki tingkat pengangguran cukup tinggi.

Untuk menyelesaikan permasalahan ini, Presiden Joko Widodo memiliki wacana untuk segera meluncurkan program Kartu Pra Kerja. Lalu, apa itu Kartu Pra Kerja? Pada dasarnya adalah sebagai kartu sakti yang diperuntukkan bagi para masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan. Kartu Pra Kerja pun memiliki insentif yang akan diberikan kepada masyarakat yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan pihak pemerintah.

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang salah dalam memahami program Kartu Pra Kerja. Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa Kartu Pra Kerja merupakan kartu sakti yang digunakan untuk menggaji para pengangguran. Tentu bukan itu maksud dari program Kartu Pra Kerja yang sebenarnya.

Jadi perlu kamu ketahui bahwa Kartu Pra Kerja adalah kartu sakti yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan masyarakat Indonesia yang hingga saat ini belum mendapatkan pekerjaan. Nantinya, akan ada beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh pihak pemerintah terkait dengan siapa saja masyarakat yang berhak memiliki Kartu Pra Kerja.

Namun, dikarenakan Kartu Pra Kerja masih dijadikan sebagai wacana program yang akan segera diluncurkan. Untuk itu, sebaiknya kamu jangan hanya berdiam diri dan menunggu bantuan dari Kartu Pra Kerja. Karena hal tersebut akan membuat kamu rugi karena membuang banyak waktumu hanya untuk menunggu. Bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan secara cepat, terdapat 3 hal penting yang harus kamu hindari, yaitu:

1. Tidak Memiliki Curriculum Vitae (CV)

Bagi para pencari kerja, CV merupakan salah satu aspek penting yang harus kamu miliki untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Hal ini lah yang membuat para pencari kerja berlomba-lomba untuk membuat CV yang kreatif untuk dapat menarik perhatian perusahaan yang dituju. Selain itu, kelengkapan data pada CV kamu juga harus diperhatikan. Karena semakin lengkap data yang kamu lampirkan, CV kamu akan memiliki tingkat nilai jual yang tinggi.

2. Malas Mencari Informasi

Tidak sedikit orang yang membutuhkan pekerjaan, namun malas untuk mencari informasi terkait dengan lowongan pekerjaan terbaru. Pada dasarnya, di setiap hari lowongan pekerjaan akan selalu ada dan terus bertambah. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan secara cepat, kamu harus menjauhi hal ini dan mencari orang yang rajin dalam mencari informasi lowongan pekerjaan.

3. Tidak Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Perkembangan zaman membuat perkembangan teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini tentunya secara tidak langsung memberikan banyak manfaat bagi kamu para pencari kerja. Mengapa? Karena kamu dapat memanfaatkan internet untuk memperoleh informasi terkait dengan lowongan pekerjaan terbaru.

Selain itu, saat ini kebanyakan iklan terkait dengan lowongan pekerjaan ditampilkan melalui website yang harus kamu akses secara online. Dengan adanya internet, kamu bisa mencari informasi terkait dengan perusahaan-perusahaan yang kamu ingin tuju dan mencari lowongan pekerjaan yang tersedia.

Setelah mengetahui 3 hal penting yang harus kamu hindari, tentunya kamu menjadi mengerti bahwa terdapat beberapa aspek yang dapat menghambat kamu dalam mendapatkan pekerjaan secara cepat. Selanjutnya, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan Kartu Pra Kerja, kamu bisa membacanya melalui artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *